Resep gudeg solo

Resep Gudeg solo

Bahan-bahan gudeg solo:

1 kg nangka yang tidak terlalu muda, potong-potong
12 btr telur rebus (kupas kalau ingin bumbunya lebih meresap)
1000 cc air kelapa atau 1 sdt cuka
10 lbr daun salam
8 iris lengkuas, ½ X 8 cm yang diiris menurut panjangnya
200 gr gula merah, iris halus
2000 cc santan dari 1 butir kelapa

Bumbu yang dihaluskan :

15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
 4,5 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat Gudeg solo

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan gudeg itu memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, disarankan menggunakan jenis panic yang beralas tebal.

Pertama-tama, Alaskan daun salam di dasar panic, kemudian taruh diatasnya irisan lengkuas.
Campurkan bumbu halus dengan 500 cc air kelapa, aduk rata.
Masukkan berturut-turut potongan nangka muda, telur rebus, gula merah, siramkan bumbu halus yang dilarutkan dalam air kelapa atau cuka.

Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka dan telur tadi agar terendam, dan tutuplah panic rapat-rapat, masak di atas api sedang, selama kira-kira 2 jam.
Setelah 2 jam, periksa dulu bagaimana kondisi air dalam panic, tujuanya untuk mengantisipasi agar tidak tiris. Caranya, angkat dahulu telurnya dan sisihkan, agar tidak hancur.

Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nagka.Setelah itu masukkan kembali telurnya sampai sedikit terkubur dalam nangka. Dan masak lagi dengan api kecil selama minimal 3 ½ jam.

Aduklah sesekali sampai santanya habis. Gudeg akan terlihat semakin cantik bila memiliki warna cokelat kemerahan, dengan kandungan kuah yang tersisa tinggal sedikit dan kental.
Siramkan kuah opor ayam kental secukupnya di atas gudeg pada saat dihidangkan.

Demikian resep makanan ini saya sampaikan ,semoga resep ini dapat menjadi alternatif buat menu makan anda dan menambah wawasan anda tentang kuliner ,selamat mencoba resep  ini . . . semoga cocok di lidah kalian semua .

Resep gudeg solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown