Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses ,bag 1

Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses

Program diet tak hanya bertujuan menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh langsing. Tetapi manfaat diet yang sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.termasuk Definisi yang salah kalau diet adalah mengurangi porsi makan yang berarti mengurangi jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Diet seperti ini hanya akan membuat tubuh kita tersiksa karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengertian diet yang sebenarnya adalah menjaga asupan nutrisi agar sesuai dengan yang di butuhkan tubuh. Tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Pola diet yang sebenarnya adalah dengan cara mengontrol jumlah kalori, vitamin, mineral dan zat gizi lainnya yang dikonsumsi tubuh dengan memilih makanan sehat yang tepat.

Dan berikut merupakan sumber makanan sehat yang baik untuk program diet .

   Makanan Sumber Protein untuk Diet

Ada beberapa makanan berprotein penting yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan otot dan dapat meningkatkan kesehatan Anda. Sumber makanan itu di antaranya adalah:

  Ikan Tuna

Tuna mengandung protein berkualitas tinggi, esensial yang mudah dicerna. 100 gr daging tuna panggang mengandung sekitar 24 gr protein. juga mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri DHA dan EPA yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tuna ternyata juga kaya kandungan mineral selenium, magnesium, potassium, dan niasin, vitamin B1, serta B6. Sangat disarankan mengkonsumsi daging tuna setidaknya 30 gr sehari atau 2 sajian per minggu.

  Daging Sapi Bebas Lemak (Lean Beef)

Ternyata Daging sapi kaya akan protein (27gr/100 gr daging), berbagai jenis vitamin B, creatine, hormon pertumbuhan, zat besi. Semua nutrisi itu bekerja bersama membentuk jaringan otot yang bebas lemak,dapat  meningkatkan ATP, dan membuat Anda mampu berlatih beban lebih lama lagi. Kandungan kolesterol dan zat besinya dapat mendongkrak level testosteron Anda untuk mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

  Daging Kambing

Daging kambing juga kaya akan vitamin, mineral, zinc, zat besi, fosfor, selenium, dan tembaga. Dan daging kambing pada umumnya lebih rendah lemak dan lebih rendah kalori di bandingkan daging sapi. Tapi Sayangnya daging kambing mengandung kolesterol lebih banyak daripada daging sapi. Di Karenanya ,disarankan mengkonsumsi daging kambing secukupnya saja atau divariasi dengan daging sapi .di Batasi pula mengkonsumsi daging kambing bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

  Daging Unggas

Daging Unggas adalah salah satu makanan pokok para atlet binaraga, daging unggas juga cocok untuk program diet pembentukan otot, bulking, maupun cutting. Hindari cara mengolah dengan cara digoreng maka Anda akan kehilangan banyak kandungan nutrisi, seperti : protein (29 gr/100 gr untuk daging dada ayam) dengan berbagai asam amino esensial, selenium, niasin, vitamin B6, dan asam lemak omega-3 dan berbagai nutrisi lainnya. Untuk daging dada ayam, usahakan untuk memilih dari ayam kampung karena lebih bernutrisi dan lebih sehat.

  Putih Telur Ayam

100 gr putih telur mengandung 12,6 gr protein, kaya selenium, riboflavin, asam lemak omega-3, vitamin B12, B6, vitamin A, folat, zat besi, zinc, fosfor, dan masih banyak nutrisi lainnya. Meskipun jenis proteinnya merupakan lambat serap karena melepaskan protein 3 jam sesudah dikonsumsi namun bagus untuk membentuk jaringan otot tubuh dengan sempurna.

  Keju Cottage (Cottage Cheese)

Keju Mengandung banyak protein kasein yang bersifat lepas secara berkala apabila dikonsumsi (12 gr/100 gr keju cottage). Maka dari itu sangat cocok dimakan sebelum tidur supaya mensuplai asupan protein diwaktu tidur sehingga mencegah katabolik otot. Juga Kaya akan kalsium, riboflavin, vitamin A, B6, B12, selenium, juga merupakan sumber alami glutamine. Keju cottage juga makanan rendah kalori, rendah karbohidrat dan juga rendah lemak (hanya 5 persen) sehingga sangat cocok sebagai makanan diet anda.

  Kacang Hijau

100 gr kacang hijau yang di rebus mengandung 7 gr protein nabati. Selain itu juga kacang hijau kaya akan serat makanan yang mengenyangkan, memperbaiki pencernaan, dan juga mencegah konstipasi. Kacang hijau ternyata juga rendah karbohidrat dan hampir bebas akan lemak. Bonusnya , kacang hijau kaya asam lemak esensial sehingga sangat baik untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Belum lagi kandungan berbagai macam vitamin, mineral, enzim aktif, dan antioksidannya. Jelas sudah mengapa kacang hijau sangat cocok sebagai salah satu makanan diet yang terbaik.

  Susu Sapi Rendah Lemak (Skim Milk)

Susu sapi juga rendah lemak mengandung protein whey dan protein kasein yang berkualitas tinggi. Salah satu manfaat utamanya protein whey adalah dapat meningkatkan sintesis protein yang bermanfaat untuk pembentukan jaringan otot yang bebas lemak. Sementara protein kasein bersifat melepaskan secara berkala sehingga secara konstan mampu juga menjaga kebutuhan asupan asam amino ke dalam otot agar tidak katabolik. Kandungan laktosa dalam susu sapi juga berperan sebagai gula yang juga dilepaskan secara berkala sehingga aman untuk program diet . Belum lagi kandungan nutrisinya seperti kalsium, vitamin D, vitamin K, antioksidan kuat (berupa laktoferin), dan CLA yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  Susu Kedelai

Untuk Anda yang alergi terhadap laktosa pada susu sapi dan untuk Anda yang vegetarian atau tidak mengkonsumsi susu sapi, maka susu kedelai adalah solusi yang terbaik. Dengan bahan dasar kedelai, susu kedelai bebas dari laktosa dan kolesterol. Kandungan proteinnya cukup tinggi untuk memenuhi asupan protein bagi pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot tubuh anda .dan pembentukan sel-sel tubuh, menjaga daya tahan, dan memperbaiki jaringan yang telah rusak. Susu kedelai dikenal mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang di timbulkan akibat proses fisiologis tubuh dan pengaruh lingkungan.

Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses ,bag 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown