Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses ,bag 2

Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses

Program diet tak hanya bertujuan menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh langsing. Tetapi manfaat diet yang sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.termasuk Definisi yang salah kalau diet adalah mengurangi porsi makan yang berarti mengurangi jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Diet seperti ini hanya akan membuat tubuh kita tersiksa karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengertian diet yang sebenarnya adalah menjaga asupan nutrisi agar sesuai dengan yang di butuhkan tubuh. Tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Pola diet yang sebenarnya adalah dengan cara mengontrol jumlah kalori, vitamin, mineral dan zat gizi lainnya yang dikonsumsi tubuh dengan memilih makanan sehat yang tepat.

Dan berikut merupakan sumber makanan sehat yang baik untuk program diet .

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Diet

Mencukupi kebutuhan karbohidrat berarti dapat menjaga energi dalam tubuh tetap terjaga. Jika ingin diet Anda berhasil, cukupilah kebutuhan karbohidrat harian Anda. Selain protein dan karbohidrat, ada satu nutrisi lagi yang penting dan tidak boleh Anda lewatkan saat berdiet, yaitu lemak sehat, yang akan kita kupas pada artikel selanjutnya.

  Nasi Beras Merah

Nasi beras merah ternyata memiliki lapisan minyak yang kaya serat makanan dan selulosa. Manfaatnya sudah cukup jelas yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol buruk, memperlancar pencernaan (mencegah sembelit), dan juga mengenyangkan lebih lama. Nasi beras merah mengandung juga asam amino dan GABA (Gammaaminobutyric acid) yang dapat meningkatkan hormon pertumbuhan. nasi beras merah juga banyak mengandung mineral magnesium dan mangan.

  Roti Gandum Utuh (Whole Grain Bread)

Roti merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mengenyangkan, dapat membantu pencernaan, dan juga menurunkan kadar kolesterol buruk karena kaya akan kandungan serat. Bonusnya, roti gandum utuh  mengandung juga protein, multivitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik .Level indeks glikemiknya juga rendah, sehingga tidak perlu khawatir akan menaikkan level gula darah yang berlebihan. Karena berbagai kandungan nutrisi itu, roti gandum utuh menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk program diet.

  Oatmeal

Hampir sama dengan nasi beras merah dan roti gandum utuh, oatmeal juga kaya serat makanan sehingga dapat membuatnya menjadi sumber energi yang tahan lama dan berbagai manfaat serat yang sudah disebutkan diatas. Oatmeal sama-sama mengandung protein, berindeks glikemik rendah, dan baik juga bagi pencernaan serta menjaga level kolesterol.

  Buncis

Buncis bisa dibilang sumber kandungan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan sedikit protein . Dengan harga yang cukup murah meriah, buncis mengandung juga zat-zat antioksidan yang mampu melawan kerusakan sel-sel otot tubuh yang diakibatkan radikal bebas. Meski makan dalam jumlah yang banyak, Anda tidak perlu khawatir karena buncis bebas lemak dan berlevel indeks glikemik yang cukup rendah.

  Brokoli

Brokoli ternyata penuh dengan zat-zat fitokimia yang berkhasiat sebagai pencegahan berbagai penyakit. Brokoli terkenal kaya kandungan serat, multivitamin terutama vitamin C, vitamin A, kalsium, rendah kalori, dan bebas lemak. Brokoli ternyata juga mengandung zat makanan indoles yang dapat menekan estrogen jahat sehingga mencegah akumulasi lemak tubuh dan membantu pertumbuhan otot tubuh. Sangat Disarankan untuk memasak brokoli setengah matang dan menghindari memesak menggunakan microwave agar kandungan antioksidannya tidak hilang.

  Sayur-Sayuran Hijau

Sayur sayuran hijau Kandungan nutrisinya sudah tidak perlu diragukan lagi, berbagai jenis vitamin, mineral, zat fitokimia, zat antioksidan, anti toksin, dan masih banyak yang tersedia melimpah dalam sayur-sayuran hijau. Anda bisa memilihnya dari banyak ragam yang tersedia di Indonesia mulai dari sayur bayam, kangkung, daun singkong, selada, lobak/bit, daun katuk, kale, dan masih banyak variannya .dapat di Konsumsi dalam bentuk segar sebagai lalapan, setengah matang, atau sebagai salad.

Makanan Terbaik untuk Diet Sehat dan Sukses ,bag 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown