Lele bakar khas solo

Lele merupakan ikan budidaya air tawar yang umum dikonsumsi masyarakat kita. Lele biasa dimasak dengan cara di goreng ,tapi ternyata lele bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan. Berikut Resep Lele yang bisa jadi panduan buat anda memasak .

Lele bakar khas solo

Bahan Lele bakar khas solo:

Siapkan 12 ekor ikan lele. Bersihkan bagian dalamnya, lukai kedua sisi dagingnya dengan potongan miring, agar bumbu bisa meresap, lalu cuci hingga bersih, kemudian sisihkan.

Siapkan pada satu wadah yaitu, 10 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, satu ruas jari kunyit, 5 butir kemiri, dua sendok teh ketumbar, seperempat sendok teh jinten, satu sendok makan garam, dan setengah sendok teh lada putih, kemudian haluskan.

Cara menghaluskannya bisa diuleg maupun diblender. Kemudian sisihkan dahulu bumbu yang sudah halus tersebut.
Siapkan juga 3 batang serai yang sudah dimemarkan, 3 lembar daun salam, satu ruas jari lengkuas yang sudah dimemarkan, 30 gram gula jawa yang disisir, 1 sendok makan air asam jawa, 400 ml air kelapa muda, dan kecap secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Gunakan api sedang, panaskan minyak sebentar. Kemudian masukkan bumbu halus, serai, lengkuas dan daun salam, tumis hingga harum dan matang. Masukkan ikan lele sambil diaduk.

Kecilkan api, masak dengan api kecil hingga semua bumbu merata ke daging ikan. Setelah bumbu merata dan agak meresap, masukkan gula jawa, air asam jawa, dan kecap. Sambil terus mengaduk masukkan air kelapa muda sedikit demi sedikit. Kemudian masak sampai ikan lele matang.

Setelah matang, pisahkan ikan lele dengan kuahnya. Kuahnya dimasak terus hingga agak mengental namun berhati-hatilah agar jangan sampai hangus. Ikan lele yang dipisahkan bisa langsung dibakar, kemudian sembari membakar, celupkan ikan lele ke dalam kuah kental.
Lakukan ini beberapa kali hingga hasil bakaran ikan sempurna. Sajikan Lele bakar khas solo dengan nasi hangat.

Demikian resep makanan ini saya sampaikan ,semoga resep ini dapat menjadi alternatif buat menu makan anda dan menambah wawasan anda tentang kuliner ,selamat mencoba resep  ini . . . semoga cocok di lidah kalian semua .

Lele bakar khas solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown