Ramuan Tradisional Obat Nyeri Haid (Dismenorrhea)

Ramuan Tradisional Obat Nyeri Haid (Dismenorrhea)

Nyeri di waktu haid atau dalam bahasa medis sering di sebut dengan istilah dismenorrhea adalah rasa nyeri yang datang di waktu menjelang haid atau di saat menstruasi. Gejalanya ditandai dengan nyeri (rasa sakit) ,mulas di dalam perut bagian bawah sampai turun ke pinggang atau paha. Semua ini terjadi karena adanya kontraksi di dalam rahim.

Nyeri haid memang menjadi salah satu masalah yang di rasakan para wanita, penyakit lainnya yang muncul adalah keputihan. Namun untuk mengobati keputihan, Anda bisa melihat artikel mengenai obat tradisional untuk keputihan .

Jadi Jika Anda mengalaminya, anda tidak perlu khawatir . sekarang  sudah banyak di toko toko ,dijual obat-obatan yang bisa mengatasi nyeri haid. Namun jika kalian menginginkan cara yang alami untuk mengobati nyeri haid, berikut adalah bahan dan cara pembuatan resep tradisional

Obat Nyeri Haid Tradisional

Berikut adalah bahan-bahan alam ,yang bisa di gunakan untuk mengobati rasa sakit waktu menstruasi:

Daun mint

Cara mengobati nyeri haid dengan memakai daun mint sangatlah mudah, anda tidak perlu mengunyah. Bisa juga dengan cara diseduh bersamaan waktu minum teh, kemudian diminum 1-2 gelas per hari. Rasa enak akan mulai timbul di dalam perut, dan nyerinya akan sedikit berkurang .

Jahe

Iris tipis-tipis jahe kurang lebih 5cm, kemudian memarkan. Rebus dengan air dalam panci yang berisi 3 gelas air, sisakan hingga tersisa 1 gelas saja. Tambahkan gula sedikit , minum sehari tiga kali (1 gelas untuk sehari, dibagi 3.)

Daun Kemangi

Kemangi ternyata juga pain killer yang cukup efektif karena mempunyai kandungan caffeic acid di dalamnya. Kemangi bisa meringankan nyeri haid. Tapi, ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah, jadi lebih baik jangan mengonsumsi terlalu banyak. Caranya, cukup campurkan di masakan atau sambal sebagai lalap.

Kayu manis

Kayu manis merupakan bahan anti peradangan dan dapat membantu meredakan nyeri pada haid. Cukup diseduh dengan teh hangat atau dicampur pada bahan kue dan masakan.

Kunyit

Kunyit ternyata juga mengandung bahan anti peradangan sehingga bisa membantu anda meredakan nyeri haid. Sekarang lebih mudah untuk mengonsumsinya karena sudah tersedia kunyit dalam kemasan yang siap di minum kapan saja.jika Anda malas membeli, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya, kunyit secukupnya lalu diparut dan di ambil airnya. Tambahkan madu sedikit pada air perasan kunyit dan langsung diminum.

Asam Jawa dan Temulawak

Asam jawa yang matang sebesar telur burung, ½ jari temulawak, gula jawa secukupnya di tambah air satu gelas.
Caranya ,Temulawak diiris tipis, lalu direbus bersama bahan lainnya ,rebusan  hingga tersisa ½ gelas. Setelah itu, saring ramuan tadi dan minum airnya selagi hangat. Lakukan berulang ulang pengobatan ini dengan dosis yang sama .

Bunga Matahari

Bahan:Ambil Bagian dasar dari bunga matahari sebanyak 30 gram,  sesendok makan gula jawa dan 2 gelas air.
Caranya: Rebus bagian dasar dari bunga matahari dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Lalu tambahkan sesendok makan gula jawa. Tunggu, setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus sehari satu kali .

Sekian pembahasan tentang ramuan tradisional untuk obat nyeri haid kali ini.

Ramuan Tradisional Obat Nyeri Haid (Dismenorrhea) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown