Obat Batuk Tradisional, Batuk Kering, Batuk Berdahak

Obat Batuk Tradisional, Batuk Kering, Batuk Berdahak

Batuk adalah penyakit yang umum diderita oleh banyak orang di belahan dunia. Seperti halnya sakit kepala sakit sakit perut, setiap orang pasti sudah pernah mengalaminya.

Batuk terdiri dari beberapa jenis yang dapat dibedakan dari berbagai penyebab. Dan diantaranya ada batuk kering, batuk berdahak, batuk bronchitis, batuk asma dan batuk pertusis atau yang lebih dikenal dengan sebutan batuk rejan.

Batuk terjadi di sebabkan adanya benda asing(virus) atau sesuatu benda yang merangsang selaput lendir di dalam tenggorokan dan cabang batang tenggorokan. Biasanya dibarengi dengan rasa gatal. Benda asing itu akan dikeluarkan oleh tubuh dengan cara di batukan. Benda asing itu bisa berupa alergi atau kuman dan juga debu.

Di zaman yang sudah modern seperti saat ini, banyak sekali obat batuk yang beredar di pasaran. Mulai yang berbahan kimia, ataupun yang terbuat dari ekstrak herbal. Sekarang saya akan mencoba mengajak Anda membikin ramuan tradisional yang dapat mengobati batuk. Tentunya dengan bahan-bahan yang alami dan mudah didapatkan di sekitar kita .

   Obat Batuk Tradisional

Di sekitar kita, ternyata banyak bahan-bahan yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan batuk. Antara lain jahe, jeruk nipis, kapulaga, kayu putih, dll.

Asam Jawa dan Gula Merah

   Bahan:

10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.

   Cara pengobatan:

Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, lalu ditambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat.

Cabe Jawa dan Madu

   Bahan:

6 gram buah cabe jawa kering, madu secukupnya.

   Cara pengobatan:

Cabe jawa kering ditumbuk hingga halus, lalu diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

Ramuan Jeruk Nipis

   Bahan:

1 buah jeruk nipis, kapur sirih secukupnya dan gula batu juga secukupnya.

   Cara pengobatan: 

Buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, kemudian diamkan beberapa saat. Habis itu, kulit luar dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, kemudian tambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum.

Buah Kapulaga

Buah kapulaga (kapol) ,ternyata juga bisa berkhasiat untuk mengobati batuk.

   Caranya :

Ambil 5 butir buah kapulaga dan satu gelas air bersih. Buah kapulaga dicuci bersih, lalu direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan kapulaga tersebut selagi masih hangat.

Daun Kayu Putih

Tanaman kayu putih yang biasanya diambil minyaknya untuk pakai sebagai minyak telo yang mempunyai sifat menghangatkan. Tapi ternyata daun kayu putih bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit batuk.

   Caranya:

Rebus 10-15 gram daun kayu putih dengan tiga gelas air hingga tersisa segelas. Lalu airnya diminum sekaligus selagi masih hangat.

* Cara Mengobati Batuk Kering

Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dengan dahak atau riak dan tanpa sekresi pada saluran pernapasan. Akibatnya,bisa terjadi iritasi di saluran tenggorokan dan menimbulkan rasa sakit.

   #Umbi Bidara Upas

Bidara upas adalah nama sebuah umbi-umbian. Selain lezat untuk dimakan, seperti halnya singkong rebus ternyata ubi satu ini berkhasiat untuk mengobati penyakit batuk.

   Caranya :

ambil umbi bidara upas sebanyak satu ruas jari .,lalu potong tipis tipis, lalu dikunyah kemudian telan airnya. Sementara ampasnya dibuang.

   #jahe Merah

Sudah sejak lama jahe terkenal sebagai rempah yang berkhasiat mengobati penyakit, termasuk juga batuk kering. Caranya seperti umbi bidara upas, yaitu dengan dikunyah lalu airnya ditelan ,sementara amplas di buang.

* Cara Mengobati Batuk Berdahak

Batuk berdahak terjadi karena adanya peradangan di bagian lapisan lendir dalam saluran pernapasan. batuk berdahak akut yang di karenakan infeksi .disebabkan oleh bakteri dan virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Berikut adalah ramuan tradisional untuk mengobati batuk berdahak

   Bahan:

Dua sendok makan Air jahe 2 , Air kunyit 2 sendok makan air satu buah jeruk nipis, Madu asli satu 1 sendok makan.

Cara pengobatan:

Parut jahe dan kunyit kemudian campurkan dengan sedikit air setelah itu , saring untuk mendapatkan air jahe dan kunyit. Peras 1 biji jeruk nipis kemudian saring ke dalam gelas, kemudian campurkan 2 sendok makan air jahe dan kunyit, serta 1 sendok madu asli. Minum ramuan ini setiap hari.

Obat Batuk Tradisional, Batuk Kering, Batuk Berdahak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown