Resep Ayam Masak Bumbu Asam Bawang

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Masak Asam Bawang

ayam kampung1 ekor
Lengkuas (Laos)2 ruas
Kunyit2 ruas
Daun Bawang3 ikat
bawang merah30 siung
Bawang Putih10 siung
Asam Jawa1 iris
Tomat1 buah
merica10 butir
jintensecukupnya
Kencur2 cm
Jahe1 cm
Kemiri6 buah
Garam3 sendok makan
Penyedap Rasa (MSG)1 bungkus
Ketumbar1 sendok makan
Minyak Goreng2 sendok makan
Air kaldusecukupnya
Cabe rawitsecukupnya
Terasisecukupnya

Cara Membuat Resep Ayam Masak Bumbu Asam Bawang

ini merupakan lanjutan dari proses pembuatan penget ayam kampung, Dimana kaldu dari "PENGET ayam kampung digunakan sebagai kuah untuk masakan ini. Tiriskan daging ayam dan pisahkan dengan kuahnya.

siapkan bumbu halus seperti cabe rawit, ketumbar, lada,lengkuas,kunyit,tomat,asam jawa, terasi,kemiri, bawang putih dan bawang merah, potong-potong daun bawang dan iris tipis bawang merah, hasuskan bumbu halus hingga seperti gambar disamping, sisa bawang diiris dan tomat diiris tipis sebagai bahan tumis awal

Tumis bawang dan tomat hingga sedikit layu, kemudian masukan bumbu halus beserta setangah daun bawangnya. setelah aroma harum, masukan potongan daging ayam, jika kurang minyak tambahkan. aduk hingga merata, tambahkan giula,garam dan penyedap rasa.

Kemudian asam jawa dilumatkan dalam 2-3 sendok air kemudian campurkan dalam masakan. aduk hingga merata dan tambahkan air panaskan hingga 20-25 menit, dengan tujuan untuk memberikan kesempatan daging menyerap bumbu. cicipi komposisi rasa, jika terlalu asam tambahkan air lagi sesuai selera.

Setelah matang, angkat dan sajikan. Resep Ayam Masak Bumbu Asam Bawang siap untuk disajikan .

Demikian resep makanan ini saya sampaikan ,semoga resep ini dapat menjadi alternatif buat menu makan anda dan menambah wawasan anda tentang kuliner ,selamat mencoba resep  ini . . . semoga cocok di lidah kalian semua .

Resep Ayam Masak Bumbu Asam Bawang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown